Pengaruh Metode Mind Mapping Berbantu Platfrom Quizizz Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah PKP JIS Jakarta Timur

Huda, Nurul dan Yatri, Ika (2020) Pengaruh Metode Mind Mapping Berbantu Platfrom Quizizz Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah PKP JIS Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025055_NURUL HUDA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025055_NURUL HUDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh Metode Mind Mapping Berbantu Platfrom Quizizz Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah PKP JIS Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah PKP JIS Jakarta Timur pada semester I 2020/2021. Metode Penelitian yang dipergunakan adalah Quasi Eksprimen, populasi ini berjumlah 60 siswa. Teknik sampling menggunakan sempel jenuh. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 siswa pada kelas Eksperimen / kelas Metode Mind Mapping Berbantu Platfrom Quizizz dan 30 siswa pada kelas kelas yang tidak menggunakan Metode Mind Mapping Berbantu Platfrom Quizizz . Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan instrumen tes yang berbentuk soal pilihan ganda dengan pilihan jawaban yang telah diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji reliablitas. Data yang diperoleh dan dianalisis dengan dilakukan uji normalitas yang menggunakan uji normalitas yang menggunakan uji lilifors dan dilanjutkan dengan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher maka data dinyatakan normal dengan homogen. Uji hipotesisi yang digunakan adalah uji-t dengan di peroleh thitung=3,995 dan ttabel =2,002 dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 58. Thitung lebih besar dari ttebel maka H0 ditolak H1 diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh Metode Mind mapping Berbantu Platfrom Quizizz Terhadap Hasil Belajar IPA Pasa Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah PKP JIS Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 07 May 2022 02:34
Last Modified: 17 Jun 2022 04:18
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14205

Actions (login required)

View Item View Item