Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Keterampilan Berbicara Tema 6 dalam Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDS Muhammadiyah Pasir Jaya

Pramiandar, Dyah Putri dan Gunawan, Rudy (2020) Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Keterampilan Berbicara Tema 6 dalam Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDS Muhammadiyah Pasir Jaya. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025050_DYAH PUTRI PRAMIANDAR.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025050_DYAH PUTRI PRAMIANDAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidak pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap kemampuan berbicara siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa. Uji validitas pada instrument penelitian ini menggunakan uji validitas isi dan
konstruk. Instrument sudah disahkan oleh pakar dengan memberikan catatan bahwa instrument sudah layak digunakan tanpa adanya perbaikan.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap
keterampilan berbicara siswa kelas V SDS Muhammadiyah Pasir Jaya setelah diberikan perlakuan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan maka dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam penelitian ini dinilai cukup efektif diberikan kepada siswa sekolah dasar khususnya kelas V. Hal itu terlihat ketika para siswa sangat antusias terhadap pembelajaran tersebut.
Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ini merupakan pembelajaran yang berlandaskan konteks sebuah permasalahan sehingga dapat memicu siswa untuk berpikir lebih kritis serta dapat mengemukakan pendapatnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 07 May 2022 02:34
Last Modified: 17 Jun 2022 04:13
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14201

Actions (login required)

View Item View Item