Analisis Semiotika Dalam Novel Jatuh Ke Angkasa Karya Nabilla Anasty Fahzaria Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Terhadap Pembelajaran Sastra Di SMA

Lestari, Yolla Eca dan Puspitasari, Nur Aini (2020) Analisis Semiotika Dalam Novel Jatuh Ke Angkasa Karya Nabilla Anasty Fahzaria Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Terhadap Pembelajaran Sastra Di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045107_YOLLA ECA LESTARI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045107_YOLLA ECA LESTARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya analisis semiotika pada novel Jatuh Ke Angkasa Karya Nabilla Anasty Fahzaria dan implikasinya terhadap pembelajaran di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah novel Jatuh Ke Angkasa Karya Nabilla Anasty Fahzaria tahun 2018. Objek penelitian yang dibahas yakni, (1) unsur intrinsk yaitu tema, alur, penokohan, setting atau latar, dan amanat (2) Analisis semiotika. Metode ini digunakan untuk memperoleh deskripsi tentang tanda-tanda yang terdapat dalam novel. Wujud data pada peneitian ini adalah berupa kata, kalimat dan kutipan yang mengandung aspek tanda pada novel Jatuh Ke Angkasa.
Validitas data diperoleh dengan menganalisis. Hasil penelitian dalam Analisis semiotika terdapat 97 data, yakni ikon (57), indeks (32), simbol (8).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:41
Last Modified: 24 Jun 2022 05:00
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14133

Actions (login required)

View Item View Item