Pengaruh Media Video Youtube Pada Akun Mak Beti Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Cileungsi

Oktavia, Tari dan Nawawi, Nawawi (2020) Pengaruh Media Video Youtube Pada Akun Mak Beti Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Cileungsi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045104_TARI OKTAVIA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045104_TARI OKTAVIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Video Youtube Pada Akun Mak Beti Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Kelas SMA Muhammadiyah 1 Cileungsi pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi exsperimental. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Cileungsi pada bulan Januari-maret 2020. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri atas kelas kontrol X IPA 1 sebanyak 25 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 25 siswa. Kelas eksperimen dalam perlakuannya dengan menggunakan Video Youtube Pada Akun Mak Beti sedangkan kelas kontrol hanya menggunakan materi dalam proses pembelajaran. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Test Post-Test kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 51 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 60 masih lebih rendah dibandingkan kelas ekperimen, (2) pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 70 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 81 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, (3) rata-rata nilai post-test kelas ekperimen > kelas kontrol yaitu 81 > 60 yang berarti hasil belajar kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, pada uji paired t-test eksperimen, hasil yang didapat yaitu sig.2 tailed sebesar 0,052 < 0,050 penggunaan media video youtube Mak Beti lebih efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:41
Last Modified: 27 Jun 2022 08:21
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14131

Actions (login required)

View Item View Item