Analisis Dominasi Sosial dalam Novel Kerumunan Terakhir Karya Okky Madasari serta Implikasi Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA

Ramadani, Siti dan Suyatno, Suyatno (2020) Analisis Dominasi Sosial dalam Novel Kerumunan Terakhir Karya Okky Madasari serta Implikasi Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045099_SITI RAMADANI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045099_SITI RAMADANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menafsirkan dominasi sosial yang terdapat dalam novel Kerumunan Terakhir karya Okky Madasari yang terdiri dari modal, kelas, habitus dan kekuasaan simbolik dengan menggunakan teori Pierre Bourdieu. Penelitian ini dilakukan sejak Desember 2019 sampai dengan Agustus 2020. Fokus penelitian ini adalah dominasi sosial menurut Pierre Bourdieu dan subfokus penelitian ini adalah modal, kelas, habitus dan kekuasaan simbolik. Objek penelitian ini berupa novel Kerumunan Terakhir karya Okky Madasari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan adalah dominasi sosial menurut Pierre Bourdieu. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa dominasi sosial yang terdapat dalam novel Kerumunan Terakhir karya Okky Madasari berjumlah 40 data. Modal 24 data dibagi menjadi empat jenis yaitu, 5 data yang termasuk dalam modal ekonomi, 13 data modal budaya, 4 data modal sosial dan 2 data yang termasuk modal simbolik. Kelas 11 data yang dibagi menjadi tiga jenis yaitu, 4 data yang termasuk kelas dominan, 4 data kelas borjuis kecil dan 3 data kelas popular. Habitus 3 data dan kekuasaan simbolik 2 data. Jadi, data yang paling banyak muncul ialah modal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:40
Last Modified: 27 Jun 2022 08:19
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14130

Actions (login required)

View Item View Item