Rizky, Nur Fahdilla dan Kodri, Safrul (2020) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas 5D Melalui Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) di SDN Rambutan 03 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.
Preview |
Text
FKIP_PGSD_1601025039_NUR FAHDILLA RIZKY.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA menggunakan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada siswa kelas VD di SDN Rambutan 03 Pagi, Jakarta timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kaloboratif. Desain penelitian menggunakan
model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VD SDN Rambutan 03 Pagi berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala, observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara
deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VD SDN Rambutan 03 Pagi Jakarta timur. Pada indikator “tekun dalam menghadapi
tugas” meningkat, pada pra tindakan dengan hasil 57% kategori kurang dan pada siklus II 79% katogori baik. Pada indikator “ulet menghadapi kesulitan/tugas”
pada pra tindakan 60% dalam kategori kurang dan pada siklus II 77% kategori baik. Pada indikator “menunjukkan minat belajar IPA” pada pra tindakan 66% kategori kurang pada siklus II 81% kategori baik. Pada indikator “senang belajar
IPA” pada pra tindakan 56% kategori kurang dan pada siklus II 77% kategori baik. Pada indikator “berani berpendapat” pada pra tindakan 55% kategori kurang dan pada siklus II 76% pada kategori baik. Serta pada indikator “kerja sama dalam
belajar IPA” pada pra tindakan 57% kategori kurang dan pada siklus II 80% kategori baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Guru Sekolah Dasar |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 01:13 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 03:44 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14123 |
Actions (login required)
View Item |