Hubungan Antara Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas XI SMK – IT Insan Mulia

Elgi, Muhammad Iqbal Syaukani dan Qura, Ummul (2020) Hubungan Antara Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas XI SMK – IT Insan Mulia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045082_MUHAMMAD IQBAL SYAUKANI ELGI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045082_MUHAMMAD IQBAL SYAUKANI ELGI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris dan untuk mengetahui adakah Hubungan Antara Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas XI SMK-IT Insan Mulia. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Januari 2020 tahun pelajaran 2019/2020. Untuk mendapatkan tahap pembahasan secara keseluruhan. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi product moment. Metode ini digunakan untuk membuktikan ada atau tidaknya hubungan antara masalah yang di teliti dalam hal kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMK-IT Insan Mulia. Data sampel yang di ambil sebanyak 15 orang dengan teknik simple random sampling. Instrument yang di gunakan adalah tes membaca kritis berada pada katagori baik rata-rata hitung/mean = 74,933, median = 75, modus = 75, varians = 7,78, simpangan baku = 2,789 dan tes kemampuan menulis resensi berada pada katagori baik rata-rata hitung/ mean = 71,333, median = 70, modus = 70, varians = 10,780, simpangan baku = 3,283. Metode stastitik penelitian untuk pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 15. Berdasarkan hasil analisis secara stastitik melalui perhitungan uji signifikasi korelasi product moment tersebut, di peroleh koefesien r hitung sebesar 0,089. Dengan demikian di dapatkan r hitung 0,089 < 0,553 pada tingkat 5% (0,533) dan pada tingkat 1%. Sehingga Ho yang mengatakan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis resensi diterima, dan menolak hipotesis kerja (h1), maka dapat disimpulkan tidak terdapat hubungan antara kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMK-IT Insan Mulia.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:13
Last Modified: 27 Jun 2022 07:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14114

Actions (login required)

View Item View Item