Pengaruh Model Pembelajaran VAK Terhadap Kemampuan Siswa SMPN 5 Tambun Selatan Dalam Menulis Naskah Drama

Lina, Ade dan Amalia, Nur (2020) Pengaruh Model Pembelajaran VAK Terhadap Kemampuan Siswa SMPN 5 Tambun Selatan Dalam Menulis Naskah Drama. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045078_ADE LINA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045078_ADE LINA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar menulis naskah drama dengan menggunakan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) pada siswa kelas VIII SMPN 5 Tambun Selatan pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode eksperimen Quasi Eksperimental Design dengan bentuk desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling.
Pada uji validitas dengan menggunakan perhitungan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) sebanyak 30 instrumen kuesioner angket dengan 18 butir item yang valid dan 12 butir item tidak valid. Sedangkan pada uji
reliabilitas menggunakan perhitungan IBM SPSS Statistic Versi 26 dan diperoleh rhitung = 0,620 > rtabel = 0,600. Maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya, data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors pada kelas eskperimen diperoleh Lo = 0,1155 dengan Lkritis 0,1401. Artinya, sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Sedangkan, pada kelas kontrol diperoleh Lo = 0,1196 dengan Lkritis= 0,1437 yang artinya sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett diperoleh X2 hitung pada kelas eksperimen lebih kecil dari X2 tabel yang artinya, populasi memiliki varians yang sama atau homogen yaitu 0,655 < 0,95 (H0 = diterima). Sedangkan, pada kelas kontrol X2 hitung lebih kecil juga dari X2 tabel yang artinya, populasi memiliki varians yang sama atau homogen yaitu 0,718 < 0,95 (H0 = diterima). Dengan demikian dapat disimpulkan, data dari kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki varians yang homogen karena nilai X2 hitung < X2 tabel. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung = 2,936 > ttabel = 2,042 maka H0 ditolak artinya adanya pengaruh yang signifikan pada siswa yang diterapkan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) terhadap hasil belajar menulis naskah drama pada kelas VIII SMPN 5 Tambun Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:13
Last Modified: 27 Jun 2022 06:54
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14112

Actions (login required)

View Item View Item