Pengaruh Metode Cooperative Script Terhadap Hasil Pembelajaran Menyimak Konsentratif Siswa Bimbingan Belajar Sungai PedadaDesa Simpang Tiga Jaya Kec. Tulung Selapan Kab.OKI Provinsi Sumatra Selatan

Pirdayanti, Pirdayanti dan Yamin, Yamin (2020) Pengaruh Metode Cooperative Script Terhadap Hasil Pembelajaran Menyimak Konsentratif Siswa Bimbingan Belajar Sungai PedadaDesa Simpang Tiga Jaya Kec. Tulung Selapan Kab.OKI Provinsi Sumatra Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045072_PIRDAYANTI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045072_PIRDAYANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran cooperative script terhadap hasil pembelajaran menyimak konsentratif siswa bimbingan belajar Sungai Pedada. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian the one group pretest posttes. Sampel yang digunakan sampling jenuh. Uji validitas dilakukan oleh siswa SMP Negeri 5 tulung Selapan. Teknik pengumpulan data dilakukandalam penelitian ini yaitu mengobservasi keterampilan menyimak siswa. Selanjutnya dari hasil tes menyimak siswa dianalisis dan diuji persyaratan uji normalitas dengan menggunakan uji lilieforsdidapatkan nilai Lhitung = 0,0925 dan Ltabel = 0,190 dengan taraf signifikansinya α = 0,05 dan jumlah (n) sebanyak 20 siswa, sehingga dapat disimpulkan Lhitung = 0,0925 < Ltabel = 0,190 berarti kelas tersebut berdistribusi normal. Sedangkan Uji homogenitas menggunakan uji bartlet diperoleh data Xhitung = 8,35 dan nilai Xtabel = 15,50 dengan taraf signifikansinya α = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Xhitung< Xtabel = ; maka kelas eksperimen adalah homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t thitung = 2,71 dengan banyaknya sampel 20 siswa dan taraf signifikansinya α = 0,05 didapatkan nilai ttabel = 1,73 . Karena thitung = 2,71 > ttabel = 1,73. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Cooperative Script terhadap hasil pembelajaran menyimak konsentratif pada siswa bimbingan belajar sungai pedada.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:12
Last Modified: 25 Jun 2022 11:03
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14109

Actions (login required)

View Item View Item