Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Media Soft Book Di Kelas 3 SDN Gandul 2 Kota Depok Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020

Amri, Muhammad Rifki dan Amaliyah, Nurrohmatul (2020) Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Media Soft Book Di Kelas 3 SDN Gandul 2 Kota Depok Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025011_MUHAMMAD RIFKI AMRI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025011_MUHAMMAD RIFKI AMRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meingkatkan keterampilan membaca dengan menggunakan media buku cerita berukuran besar. Pada siswa kelas 3 SD Negeri gandul 2 Kota Depok Semester 2 tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dengan rincian 16 siswa laki – laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian menggunakan prosedur Peneliti Tindakan Kelas (PTK) dimana peneliti bertindak sebagai pengajar langsung di kelasnya dan guru kelas III lain sebagai pengamat. Prosedur kerja dilaksanakan bersiklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media buku cerita berukuran besar dengan pendekatan proses dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 3 SD. Hal itu dibuktikan dengan hasil tes membaca siswa pada pra siklus nilai yang mencapai KKM hanya 50% sedangkan nilai rata – ratanya 68,58. Pasca tindakan siklus I, nilai siswa yang mampu mencapai KKM meningkat menjadi 61,76% nilai rata – ratanya juga meningkat menjadi 71,05. Sedangkan setelah tindakan siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 85,29% rata – rata nilai membaca pada siklus II meningkat lagi menjadi 74,14. Dengan demikian terdapat pengaruh hasil belajar siswa dalam membaca setelah diadakan pembelajaran dengan menggunakan buku cerita berukuran besar, siswa lebih baik dalam membaca di kelas 3 SDN Gandul 2 Depok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:12
Last Modified: 17 Jun 2022 03:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14106

Actions (login required)

View Item View Item