Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SDN Jatiwaringin VII

Amallia, Lisa dan Kusnadi, Engkus (2020) Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SDN Jatiwaringin VII. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025009_LISA AMALIA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025009_LISA AMALIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi pada mata pelajaran IPA, siswa kelas IV SDN Jatiwaringin VII pada tahun ajaran 2020/2021 semester 2. Populasi penelitian ini berjumlah 59 orang siswa. Teknik sampling diambil menggunakan sampling jenuh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, dengan bentuk post-test only group design. Instrument penelitian ini berupa tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Sebelum dianalisis, sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilifors, dan uji Homogen menggunakan uji Fisher. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung = 0,092 dan Ltabel = 0.161pada α = 0,05 dk = 30. Pada kelas kontrol diperoleh nilai Lhitung = 0,142 dan Ltabel = 0,164 pada α = 0,05 dk = 29. Kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil tes uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, diperoleh nilai Fhitung = 1,44 dan Ftabel = 1,85 pada α = 0,05. Dikarenakan Fhitung = 1,44 < Ftabel = 185 maka dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Dari hasil perhitungan uji hipotesis didapatkan thitung = 2,50 dan ttabel = 2,00 pada α = 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 dapat diterima. Jadi hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:12
Last Modified: 17 Jun 2022 03:25
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14102

Actions (login required)

View Item View Item