Kajian Mitos Dalam Novel Mata di Tanah Melus Karya Okky Madasari Berdasarkan Pendekatan Sosiologi Karya Sastra Serta Implementasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Di SMA

Inayyah, Rizka dan Yamin, Yamin (2020) Kajian Mitos Dalam Novel Mata di Tanah Melus Karya Okky Madasari Berdasarkan Pendekatan Sosiologi Karya Sastra Serta Implementasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045066_RIZKA INAYYAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045066_RIZKA INAYYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan dan membuktikan mitos yang ada di dalam novel Mata di Tanah Melus Karya Okky Madasari berdasarkan Pendekatan Sosiologi Karya Sastra Serta Implementasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Di SMA. Sumber data penelitian ini adalah mitos-mitos dalam novel Mata di Tanah Melus Karya Okky Madasari yang ditemukan ketika peneliti melakukan proses membaca dan mengkaji novel tersebut. Semua mitos dalam novel Mata di Tanah Melus Karya Okky Madasari merupakan objek dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik simak catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ditemukan tujuh jenis mitos pada novel Mata di Tanah Melus Karya Okky Madasari yaitu satu data mitos penciptaan (creations myths), satu data mitos bayang asosiatif, satu data mitos gugon tuhon, dua data mitos sirikan (larangan), satu data mitos dongeng, legenda, dan cerita, satu data mitos kepahlawanan (hero myths), dan dua data mitos alam (nature myths). 2) ditemukan keterkaitan atau implementasi kajian mitos dalam novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari berdasarkan pendekatan sosiologi karya sastra serta implementasinya terhadap pembelajaran bahasa dan sastra di SMA yaitu dengan mengacu pada silabus mata pelajaran Bahasa Indonesia (peminatan) kelas X semester 1 KD 3.7 yaitu mengidentifikasi nilai- nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:12
Last Modified: 25 Jun 2022 10:59
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14098

Actions (login required)

View Item View Item