Analisis Penggunaan Eufemisme dalam Kumpulan Cerpen Perempuan Karya Mochtar Lubis

Rousa, Dinar Adna dan Qura, Ummul (2020) Analisis Penggunaan Eufemisme dalam Kumpulan Cerpen Perempuan Karya Mochtar Lubis. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045044_DINAR ADNA ROUSA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045044_DINAR ADNA ROUSA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya bentuk ungkapan eufemisme yang terdapat dalam buku kumpulan cerpen Perempuan karya Mochtar Lubis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dari 19 judul cerpen dalam buku kumpulan cerpen Perempuan, terdapat 18 judul cerpen yang mengandung bentuk ungkapan eufemisme. Adapun berdasarkan hasil analisis, jumlah dari bentuk ungkapan eufemisme yang ditemukan, yaitu sebanyak 149 ungkapan. Dari jumlah keseluruhan, bentuk ungkapan eufemisme dengan penggunaan metafora paling mendominasi, yaitu sebanyak 59, sedangkan bentuk ungkapan eufemisme yang paling sedikit ditemukan dengan penggunaan singkatan, yaitu sebanyak 9 ungkapan, baik dalam bentuk kata, frasa, maupun klausa. Sedangkan, bentuk ungkapan eufemisme dengan penggunaan kata istilah asing, penggunaan kata serapan, dan penggunaan perifrasis masing-masing ditemukan sebanyak 26, 21, dan 34 ungkapan. Oleh karena itu, pada penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa di dalam buku kumpulan cerpen Perempuan karya Mochtar Lubis terdapat bentuk ungkapan eufemisme yang terdiri dari bentuk ungkapan penggunaan singkatan, penggunaan kata serapan, penggunaan kata istilah asing, penggunaan metafora, dan penggunaan perifrasis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:12
Last Modified: 24 Jun 2022 02:03
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14088

Actions (login required)

View Item View Item