Pengaruh Media Cetak Koran Kompas (Hard News) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Sswa Kelas XI SMAS USWATUN HASANAH

Putri, Yhasmine Belia dan Nawawi, Nawawi (2020) Pengaruh Media Cetak Koran Kompas (Hard News) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Sswa Kelas XI SMAS USWATUN HASANAH. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045043_YHASMINE BELIA PUTRI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045043_YHASMINE BELIA PUTRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Cetak Koran Kompas (Hard News) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMAS USWATUN HASANAH pada semester dua tahun 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMAS USWATUN HASANAH. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI yang terdiri atas kelas eksperimen 26 siswa dan kelas kontrol sebanyak 28 siswa. kelas eksperimen dalam perlakuanya dengan menggunakan materi serta media cetak koran kompas (hard news) sedangkan kelas kontrol hanya menggunakan materi dalam proses pembelajaran. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Post Test Control Group design. Instrument penelitian berupa tes hasil belajar. Untuk menguji hipotesis yang menggunakan uji paired sample t-test. Analisis data dilakukan secara deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) pada kelas eksperimen nilai rata-rata pre test sebesar 75 sedangkan nilai rata-rata post test sebesar 90 lebih tinggi dari pada kelas kontrol. (2) pada kelas kontrol nilai rata-rata pre test 60 sedangkan nilai rata-rata post test sebesar 85 masih lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen. (3) rata-rata nilai post test kelas eksperimen > kelas kontrol yaitu 90 > 85 yang berarti hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, pada uji paired t-test eksperimen, hasil yang didapat yaitu sig.2 tailed sebesar 0,938 > 0,897 penggunaan media cetak koran kompas (hard news) lebih efisien.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:12
Last Modified: 24 Jun 2022 04:27
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14087

Actions (login required)

View Item View Item