Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Hasil belajar IPA Siswa Kelas V SDN Cipinang Cempedak 07 Jakarta

Julkhoriah, Dina dan Sari, Prima Mutia dan Kurniasih, Meyta Dwi (2020) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Hasil belajar IPA Siswa Kelas V SDN Cipinang Cempedak 07 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1501025401_DINA JULKHORIAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1501025401_DINA JULKHORIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan metode pembelajaran Crossword Puzzle pada siswa kelas V SDN Cipinang Cempedak 07 Jakarta pada semester 1 tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Posttest Only Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh rhitung=1,034 > rtabel=0,355, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji Liliefors Galat Taksiran diperoleh Lo 0,087 < Lt 0,165, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,156 < Ftabel 4,013, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen.
Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung 4,421 dengan ttabel 2,668 pada α = 0,05 maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh pada pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Crossword Puzzle pada hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Cipinang Cempedak 07 Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:12
Last Modified: 17 Jun 2022 03:12
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14086

Actions (login required)

View Item View Item