Analisis Kajian Stlistika Dalam Kumpulan Cerpen Batu Betina Karya Syarif Hidayatullah Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA

Bachtiar, Popy Amelia dan Riadi, Sugeng (2020) Analisis Kajian Stlistika Dalam Kumpulan Cerpen Batu Betina Karya Syarif Hidayatullah Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045037_POPY AMELIA BACHTIAR.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045037_POPY AMELIA BACHTIAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisis kajian stilistika dalam kumpulan cerpen Batu Betina karya Syarif Hidayatullah. Tujuan penelitian ini adalah : 1) mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa yang terdapat dalam kumpulan cerpen Batu Betina. 2) menjelaskan makna yang terkandung dalam kumpulan cerpen Batu Betina. 3) mendeksripsikan implementasi gaya bahasa dalam kumpulan cerpen Batu Betina. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan data secara sistematis berupa kata, kalimat, atau paragraph bukan berupa angka. Langkah awal penelitian ini adalah dengan menganalisis data dan mendeskripsikan gaya bahasa yang terdapat dalam kumpulan cerpen Batu Betina karya Syarif Hidayatullah. Gaya bahasa yang ditemukan dalam kumpulan cerpen Batu Betina karya Syarif Hidayatullah yakni gaya bahasa perbandingan yang terdiri dari personifikasi, metafora, hiperbola, simile, alegori, simbolik, dan asosiasi. Gaya bahasa penegasan terdiri dari repitisi, retoris, klimaks, dan antiklimaks. Serta gaya bahasa sindiran yang terdiri dari sarkasme dan sinisime.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:12
Last Modified: 24 Jun 2022 03:41
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14083

Actions (login required)

View Item View Item