Pengaruh Media Audio dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Citeureup Tahun Ajaran 2019/2020

Alfiszar, Yusri Fairrus Azis dan Nawawi, Nawawi (2020) Pengaruh Media Audio dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Citeureup Tahun Ajaran 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045024_YUSRI FAIRRUS AZIS ALFISZAR.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045024_YUSRI FAIRRUS AZIS ALFISZAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media audio Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Negeri 1 Citeureup agar dapat diaplikasikan dalam sebuah kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode true eksperimental design berupa posttest-only control design yang akan diberlakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. dengan teknik olah data. Penelitian dengan menggunakan teknik olah data ini bertujuan agar kita dapat mengetahui seberapa besar pengaruh media audio dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa penggunakan media audio dalam meningkatkan keterampilan menulisi puisi pada kelas X SMA Negeri 1 Citeuruep tahun ajaran 2019/2020 bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio dalam pembelajaran menulis puisi dengan effect size mencapai 0,536367 dengan rentangan nilai menulis puisi dengan menggunakan media audio atau pada kelas eksperimen yaitu 30 – 95 dan mencapai nilai rata-rata 74,63333, sedangkan rentangan nilai menulis puisi tanpa menggunakan media audio atau pada kelas kontrol yaitu 30 – 85 dan mencapai nilai rata-rata 67,53333.
Penggunaan media audio dalam pembelajaran bahasa indonesia pada kelas X cukup membuat pengaruh yang signifikan dan cocok digunakan bagi pengajar dalam kegiatan belajar mengajar dikelas. Dengan menggunakan audio membuat suasana kelas menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Sebab peserta didik mempunyai sumber informasi yang menarik selain buku teks yang selalu digunakan dalam pembelajaran. Media audio juga dapat menjadi media alternatif guru dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:11
Last Modified: 25 Jun 2022 11:14
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14072

Actions (login required)

View Item View Item