Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA

Farhana, Syifa dan Solihati, Nani (2020) Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045023_SYIFA FARHANA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045023_SYIFA FARHANA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan tidak hanya didapat dari pendidikan formal saja tetapi juga bisa di peroleh dari pendidikan non formal, salah satunya melalui Karya sastra hadirnya Karya Sastra sedikit banyak telah mempengaruhi pola pikir dan Semakin maraknya berbagai bidang pendidikan saat ini. Ternyata semakin marak pula perilaku yang bertentangan dengan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Salah satu novel yang dapat memberi pembelajaran dan memberikan nilai pendidikan bagi pembacanya ialah novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahma El Shirazy dengan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui isi novel tersebut.
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy yang diterbitkan pada tahun 2017. Data yang dianalisis berupa kalimat dan kutipan teks yang berkaitan dengan Nilai-nilai Pendidikan Karakter dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA.
Hasil penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) unsur intrinsik novel Bidadari Bermata Bening (2) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. (3) implikasinya terhadap pembelajaran Sastra di SMA berdasarkan standar kompetensi membaca yang termuat Kurikulum 2013 pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI semester II.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:11
Last Modified: 24 Jun 2022 05:13
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14071

Actions (login required)

View Item View Item