Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achivement Division Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kebon Kosong 02 Kecamatan Kemayoran kelurahan Kebon Kosong Tahun Ajaran 2018/2019.

Sari, Nur Rohmah dan Kusnadi, Engkus dan Yanti, Prima Gusti (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achivement Division Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kebon Kosong 02 Kecamatan Kemayoran kelurahan Kebon Kosong Tahun Ajaran 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1401045207_NUR ROHMAH SARI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1401045207_NUR ROHMAH SARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Student Team Achivement Division terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SDN Kebon Kosong 02 Jakarta Pusat tahun pelajaran 2018/2019.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment. Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa kelas V B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes objektif pilihan ganda a,b, c dan d. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu Sampling Jenuh. Uji validitas menggunakan rumus Point Biserial Correlation. Berdasarkan hasil uji validitas dari 30 soal telah diperoleh 22 soal yang valid. Kemudian untuk uji reliabilitas menggunakan rumus Kuder Richardson-20 (KR-20). Berdasarkan hasil perhitungan rhitung0,819> rtabel0,396, maka soal tersebut dinyatakan reliabel.
Hasil uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors, uji homogenitas dengan uji Fisher, dan uji hipotesis menggunakan uji – t. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas, kelas eksperimen Lhitung <Ltabel = 0,168< 0,173dan kelas kontrol Lhitung <Ltabel = 0,129< 0,173. Setelah keduanya berdistribusi normal, selanjutnya dilakukan uji homogenitas diperoleh data Fhitung <Ftabel = 1,124 < 1,980 maka data tersebut homogen. Kemudian dilakukan uji – t untuk uji hipotesis, hasil yang didapat adalah thitung >ttabel = 3,147> 2,012, maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SDN Kebon Kosong 02 Jakarta Pusat dengan menggunakan model Student Team Achivement Division.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:11
Last Modified: 17 Jun 2022 03:00
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14068

Actions (login required)

View Item View Item