Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Bilangan Pecahan Di Kelas IV SDS Aulia Jakarta Barat

Mawaddah, Atika Lestari dan Kowiyah, Kowiyah dan busyra, nur (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Bilangan Pecahan Di Kelas IV SDS Aulia Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1401045040_ATIKA LESTARI MAWADDAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1401045040_ATIKA LESTARI MAWADDAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Atika Lestari Mawaddah. 1401045040. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Bilangan Pecahan Di Kelas IV SDS Aulia Jakarta Barat. Skripsi. Jakarta : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2020.
Pengembangan media pada penelitian ini dilakukan karena menyadari bahwa era digital saat ini telah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Agar pendidikan pada Sekolah Dasar terus mengikuti perkembangan zaman, dibuatlah media pembelajaran dengan bentuk video animasi. Media video animasi dipilih karena dianggap memiliki berbagai keuntungan misalnya lebih menarik dan praktis. Hal tersebut juga sesuai dengan kebutuhan siswa yang mana kurang memiliki minat belajar pada pembelajaran matematika, padahal siswa dianggap memiliki pengaruh penting terhadap proses belajar.
Tujuan peneliti mengembangkan media pembelajaran media pembelajaran ini adalah: (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran matematika Powtoon pada materi bilangan pecahan, (2) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran matematika berupa Powtoon pada materi bilangan pecahan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, development, implementasi dan evaluasi. Subyek penilaian produk untuk kelayakan media pembelajaran terbatas pada 3 ahli yaitu ahli desain, ahli materi dan ahli pembelajaran matematika. Sasaran uji coba produk adalah seluruh siswa kelas IV SDS Aulia berjumlah 50 siswa kelas eksperimen dan 50 siswa kelas kontrol.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Powtoon pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas IV SDS Aulia dinyatakan valid/layak digunakan dengan skor skor validasi materi (77,7%) dan media (78,6%). Media pembelajaran Powtoon juga dianggap efektif karena mampu memberikan peningkatan pada hasil belajar dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen (86,2) lebih baik daripada kelompok kontrol (71,6). Respon terhadap media pembelajaran Powtoon pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas IV SDS Aulia dinyatakan efisien dan menarik dengan nilai respon positif guru (85,6%) dan siswa (80,4%).
Kata Kunci: Pengembangan, Media Video Animasi Powtoon dan Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:11
Last Modified: 17 Jun 2022 02:56
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14067

Actions (login required)

View Item View Item