Pengaruh Metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fabel pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 38 Bekasi Utara

Anggraeni, Riri Indah dan Nawawi, Nawawi dan Sulistyawati, Sulistyawati (2020) Pengaruh Metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fabel pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 38 Bekasi Utara. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1501049006_RIRI INDAH ANGGRAENI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1501049006_RIRI INDAH ANGGRAENI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil keterampilan menulis teks cerita fabel dengan menggunakan metode pemetaan pemikiran (mind mapping) pada siswa kelas VII SMP Negeri 38 Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian posttest-only control design. Sampel yang digunakan adalah simple random sampling.
Hasil data yang diperoleh dari nilai tes keterampilan menulis akan dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan Chi Kuadrat yang hasilnya diperoleh bahwa lebih kecil dari derajat kebebasan sebesar 11,070 dan taraf kesalahan 5% dinyatakan bahwa berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan perhitungan pembagian varian terbesar dengan varian terkecil yang hasilnya nilai fhitung < nitai ftabelmaka data adalah homogen.
Hasil penelitian menunjukkan pada uji hipotesis dengan menggunakan uji-t memperoleh bahwa: ada pengaruh metode mind mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fabel dan besar pengaruh metode mind mapping untuk keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VII SMPN 38 Bekasi Utara sebelum dan sesudah sebesar thitung 8,627 > ttabel 2,000. Hal inj berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil keterampilan menulis cerita fabel siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam keterampilan menulis teks cerita fabel.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:11
Last Modified: 25 Jun 2022 09:55
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14062

Actions (login required)

View Item View Item