Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Komik Strip Tahilalats

Khofiyya, Nidaan dan Hasanudin, Dede (2020) Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Komik Strip Tahilalats. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045013_NIDAAN KHOFIYYA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045013_NIDAAN KHOFIYYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya penyimpangan prinsip kesantunan Berbahasa yang terdapat dalam komik strip Tahilalats karya Nurfadli Mursyid. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kualitatif dengan teknik penelitian membaca dan analisis isi. Objek yang diteliti adalah komik strip yang terdapat dalam instagram (@Tahilalat) Melalui pembacaan komik strip pada media instagram dari 608 komik yang diunggah selama tahun 2019 ditemukan sebanyak 30 komik yang di dalamnya mengalami penyimpangan, yang kemudian dianalisis menggunakan tabel analisis yang telah peneliti buat. Berdasarkan hasil analisis ditemukan 5 bentuk penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa. Yaitu adanya pelanggaran pada maksim keearifan, maksim pujian, maksim kedermawanan, maksim kerendahan hati, dan maksim simpati. Pada kelima maksim tersebut penyimpangan paling banyak terjadi pada maksim kerendahan hati sebanyak 10 buah dengan 1 implikatur yaitu menyombongkan diri, selanjutnya maksim lain yang memiliki banyak pelanggaran adalah maksim kearifan dengan jumlah 8 buah dengan 4 implikatur mengancam, memaksa, menyindir, dan memojokan mitra tutur. Lalu maksim pujian sebanyak 5 buah dengan implikatur menyindir dan menunjukan rasa tidak terima, maksim kedermawanan sebanyak 4 buah dengan implikatur meminta dan menghina, maksim simpati sebanyak 2 buah dengan implikatur menyindir dan menunjukan rasa ketidakpedulian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:11
Last Modified: 28 Jun 2022 08:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14060

Actions (login required)

View Item View Item