Analisis Intertekstualitas Pada Naskah Drama Saduran Abunawas Mencari Cinta Karya M. Sinar Hadi Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran di SMA

Pratiwi, Anissa dan Sukardi, Sukardi (2020) Analisis Intertekstualitas Pada Naskah Drama Saduran Abunawas Mencari Cinta Karya M. Sinar Hadi Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045012_ANISSA PRATIWI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045012_ANISSA PRATIWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada nya nilai-nilai intertekstualitas pada naskah drama Abunawas Mencari Cinta . Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Adapun sumber data penelitian ini adalah naskah darama Abunawas Mencari Cinta karya M. Sinar Hadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis teks. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan cara membaca secara keseluruhan naskah drama, menandai dan mengidentifikasi unsur intertekstualitas yang terkandung di dalam naskah drama. Langkah selanjutnya adalah menganalisis dan memberi simpulan hasil analisis serta menyusun rancangan pembelajarannya di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya keterkaitan antara naskah drama Abunawas Mencari Cinta dengan kisah dongeng 1001 Malam. Jika dilihat dari empat unsur intrinsik yaitu urutan adegan, penokohan, alur dan setting yang ada pada kedua cerita. Dari pengembangan cerita yang dilakukan oleh M. Sinar Hadi siswa dapat termotivasi dalam pembuatan naskah drama. Hal tersebut dapat memudahkan siswa mencari ide dalam penulisan naskah drama khususnya dalam materi pengajaran drama di SMA. Dapat dibuat rancangan pembelajarannya sebagai alternatif bahan ajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:11
Last Modified: 25 Jun 2022 10:25
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14059

Actions (login required)

View Item View Item