Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Resiliensi Siswa Pasca Tsunami Di SMA Negeri 3 Pandeglang

Agustin, Amanda Novilia dan Heriyani, Eka dan Sagita, Dony Darma (2019) Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Resiliensi Siswa Pasca Tsunami Di SMA Negeri 3 Pandeglang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_BK_1501015010_AMANDA NOVILIA AGUSTIN.pdf]
Preview
Text
FKIP_BK_1501015010_AMANDA NOVILIA AGUSTIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bencana tsunami yang terjadi di Banten pada tanggal 22 Desember 2018 disebabkan erupsi Gunung Anak Krakatau, merupakan kejadian luar biasa yang tidak hanya berdampak pada materi melainkan secara psikologis yakni merasa cemas, panik, dan takut. Untuk itu diperlukan resiliensi (ketahanmalangan) yang baik, agar remaja dapat menjalani kehidupan dengan normal dan lebih baik. Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan resiliensi siswa di SMA Negeri 3 Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling dengan jumlah sebanyak 10 siswa.Pada uji validitas menggunakan rumus Point Biserial. Menggunakan angket sebanyak 40 soal pernyataan, di dapat 28 soal valid dan 12 tidak valid, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbanch Alpha dengan hasil rhitung 0,8 lebih besar dari rtabel 0,6, maka Ho ditolak dan H1 diterima, maka data instrument reliabel. Selanjutnya data dianalisis dengan uji persyaratan yaitu uji normalitas, menggunakan uji Liliefors. Uji normalitas untuk data pretest Lhitung = 0,199 < Ltabel = 0,258, dengan taraf signifikan α = 0,05, maka data yang diperoleh berdistribusi normal, untuk data postest Lhitung = 0,206 < Ltabel = 0,258, dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka data yang diperoleh berdistribusi normal, Pada uji hipotesis menggunakan uji – t diperoleh 0,240 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Yang berarti ada perbedaan resiliensi siswa sebelum melaksanakan layanan bimbingan kelompok dan setelah melaksanaan layanan bimbingan kelompok, yang artinya layanan bimbingan kelompok efektik dalam meningkatkan rsiliensi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Bimbingan Konseling
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:08
Last Modified: 17 Jun 2022 03:56
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14037

Actions (login required)

View Item View Item