Uji Aktivitas Antibiofilm Streptococcus Mutans Dari Hasil Kromatografi Kolom Fraksi Metanol Daun Kapulaga (Amomum Compactum Sol. Ex Maton)

Marsha, Cindy dan Priyo Wahyudi, Priyo dan Elly Wardani, Elly (2022) Uji Aktivitas Antibiofilm Streptococcus Mutans Dari Hasil Kromatografi Kolom Fraksi Metanol Daun Kapulaga (Amomum Compactum Sol. Ex Maton). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190177_CINDY MARSHA.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190177_CINDY MARSHA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Streptococcus mutans memiliki peran penting dalam proses terjadinya karies gigi dengan membentuk plak atau biofilm. Daun kapulaga (Amomum compactum Sol. ex Maton) merupakan salah satu bagian dari tanaman yang memiliki aktivitas antibiofilm. Fraksi metanol daun kapulaga memiliki aktivitas antibiofilm dengan nilai IC50 sebesar 95,61 μg/ml. Potensi ini mendorong dilakukannya pemisahan lebih lanjut untuk mengetahui aktivitas antibiofilm Streptococcus mutans tertinggi dari hasil kromatografi kolom fraksi metanol daun kapulaga. Hasil elusi dengan kromatografi kolom dianalisis dengan kromatografi lapis tipis (KLT), sehingga didapatkan kelompok Rƒ I, Rƒ II, dan Rƒ III yang kemudian dilakukan uji aktivitas antibiofilm untuk mengetahui nilai IC50. Metode uji yang digunakan adalah metode mikrodilusi dengan menggunakan mikroplat 96, sebagai kontrol positif digunakan klorheksidin glukonat. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa hasil kromatografi kolom Rƒ III (0,65-0,69) fraksi metanol daun kapulaga memiliki aktivitas antibiofilm Streptococcus mutans tertinggi dengan nilai IC50 sebesar 91,22 μg/ml dan potensi relatif 15,1392 kali klorheksidin glukonat.

Kata Kunci: Daun Kapulaga, Hasil Kromatografi Kolom, Antibiofilm, Streptococcus mutans

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:34
Last Modified: 08 Aug 2022 07:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13983

Actions (login required)

View Item View Item