Uji Antifertilitas Terhadap Bobot Testis Dan Abnormalitas Spermatozoa Pada Tikus Putih Jantan Dengan Pemberian Ekstrak Daun Sembung (Blumea Balsamifera (L.) Dc.)

Fitriandani, Indah dan Dwitiyanti, Dwitiyanti dan Ema Dewanti, Ema (2022) Uji Antifertilitas Terhadap Bobot Testis Dan Abnormalitas Spermatozoa Pada Tikus Putih Jantan Dengan Pemberian Ekstrak Daun Sembung (Blumea Balsamifera (L.) Dc.). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190167_INDAH FITRIANDANI).pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190167_INDAH FITRIANDANI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Daun sembung (B. balsamifera) merupakan salah satu obat kontrasepsi tradisonal yang dikenal oleh masyarakat pedesaan di Indonesia. Penggunaan daun sembung sebagai alat kontrasepsi pria belum diketahui secara ilmiah, sehingga perlu diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui khasiat daun sembung sebagai alat kontrasepsi oral bagi pria. Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan ekstraksi bertingkat dengan pelarut etanol 70%, etil asetat, dan n-heksan kemudian dilanjutkan dengan pembuatan ekstrak dengan pemberian dosis 1,04mg/200g BB Tikus, setelah itu dilakukan pengujian terhadap spermatozoa yang meliputi bobot testis dan abnormalitas spermatozoa. Data-data yang diperoleh diuji ANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pelarut n-heksan mampu memberikan pengaruh nyata (P<0,5) terhadap peningkatan abnormalitas spermatozoa selama 14 hari pemberian ekstrak daun sembung (Blumea balsamifera) tetapi tidak dengan penurunan bobot testis tikus.

Kata Kunci : Daun sembung. Blumea balsamifera, antifertilitas, bobot testis,
Abnormalitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:34
Last Modified: 08 Aug 2022 07:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13973

Actions (login required)

View Item View Item