Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Sembung (Blumea Balsamifera (L.) Dc) Sebagai Antifertilitas Pada Tikus Putih Jantan Dengan Parameter Penurunan Bobot Vesikula Seminalis, Motilitas Dan Viabilitas Spermatozoa

Septiani, Mia dan Dwitiyanti, Dwitiyanti dan Ema Dewanti, Ema (2022) Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Sembung (Blumea Balsamifera (L.) Dc) Sebagai Antifertilitas Pada Tikus Putih Jantan Dengan Parameter Penurunan Bobot Vesikula Seminalis, Motilitas Dan Viabilitas Spermatozoa. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190166_MIA SEPTIANI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190166_MIA SEPTIANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Daun Sembung (Blumea balsamifera (L). DC) merupakan perdu tumbuh tegak, tinggi sampai 4 meter. Banyak tumbuh di dataran rendah sampai dengan ketinggian 4 meter. Banyak tumbuh di dataran rendah sampai dengan ketinggian ± 2000 mdpl yang dapat berkhasiat sebagai antifertilitas, sehingga penelitian ini untuk mengetahui khasiat dan efek pemberian yang paling baik dari ekstrak n-heksan, etilasetat, dan etanol 70% daun sembung dengan parameter penurunan bobot vesikula seminalis, motilitas dan viabilitas spermatozoasebagai antifertilitas yang merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan rancangan acak lengkap pola one way analysis of varian menggunakan tikus putih jantan galur Sprague dawley berumur 2-3 bulan sebanyak 25 ekor tikus yang dikelompokkan menjadi lima kelompok perlakuan yaitu control normal, control Na CMC, kelompok ekstrak n-heksan, etil asetat dan etanol 70%. Hari ke-15 perlakuan, tikus dibedah lalu diambil organ vesikula seminalis untuk ditimbang bobotnya, dan kaula epididimis untuk pengujian motilitas dan viabilitas spermatozoa.Hasil yang didapat dianalisis dengan ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Tukey HSD. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pada pengujian parameter bobot vesikula seminalis hanya kelompok ekstrak n-heksan yang memiliki perbedaan bermakna terhadap kelompok normal, pada pengujian viabilitas spermatozoa kelompok ekstrak n-heksan dan etanol 70% yang memiliki perbedaan bermakna dengan kelompok normal, dan pada pengujian motilitas spermatozoa ketiga kelompok uji ekstrak memiliki perbedaan bermakna dengan kelompok normal, sehingga dapat dikatakan bahwa ektrak n-heksan memiliki pengaruh yang paling baik aktivitasnya terhadap penurunan bobot vesikula seminalis, motilitas dan viabilitas spermatozoa.

Katakunci :Blumeabalsamifera (L.) DC, Antifertilitas, BobotVesikulaSeminalis, Viabilitas Spermatozoa, Motilitas Spermatozoa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:34
Last Modified: 08 Aug 2022 07:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13972

Actions (login required)

View Item View Item