Penghambatan Biofilm Streptococcus Mutans Dari Hasil Kromatografi Kolom Fraksi Metanol Daun Lempuyang Gajah (Zingiber Zerumbet (L.) Roscoe Ex Sm.)

Regeswar, Lovina dan Priyo Wahyudi, Priyo dan Elly Wardani, Elly (2022) Penghambatan Biofilm Streptococcus Mutans Dari Hasil Kromatografi Kolom Fraksi Metanol Daun Lempuyang Gajah (Zingiber Zerumbet (L.) Roscoe Ex Sm.). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190136_LOVINA REGESWARI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190136_LOVINA REGESWARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Streptococcus mutans mensintesis glukan sebagai pengikat dari sukrosa dan mempercepat proses pembentukan biofilm. Daun lempuyang gajah (Zingiber zerumbet (L.) Roscoe ex Sm.) memiliki aktivitas penghambatan biofilm Streptococcus mutans. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penghambatan biofilm Streptococcus mutans tertinggi dari hasil kromatografi kolom fraksi metanol daun lempuyang gajah. Penelitian ini diawali dengan maserasi bertingkat menggunakan pelarut n-Heksan (non polar), etil asetat (semi polar), dan metanol (polar), kemudian fraksi metanol yang diperoleh dielusi menggunakan kromatografi kolom dengan metode step gradient polarity (SGP). Hasil dari kromatografi kolom, selanjutnya dilakukan pemisahan berdasarkan Rf dengan metode Kromatografi Lapis Tipis (KLT). Hasil kromatografi kolom dengan Rf yang mendekati, kemudian dikelompokkan dan dilakukan uji penghambatan biofilm Streptococcus mutans. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa hasil kromatografi kolom fraksi metanol daun lempuyang gajah pada rentang Rf 0,52-0,67 memiliki penghambatan biofilm Streptococcus mutans tertinggi dengan nilai IC50 sebesar 171,48 μg/ml dan potensi relatif 8,04 kali klorheksidin glukonat.

Kata kunci: Daun lempuyang gajah, Hasil kromatografi kolom, Penghambatan biofilm, Streptococcus mutans.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 22 Aug 2022 11:58
Last Modified: 22 Aug 2022 11:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13934

Actions (login required)

View Item View Item