Potensi Antibiofilm Streptococcus Mutans Dari Subfraksi Etil Asetat Daun Temu Putih (Curcuma Zedoaria (Christm.) Roscoe)

Amalia, Husnul Aulia dan Priyo Wahyudi, Priyo dan Elly Wardani, Elly (2022) Potensi Antibiofilm Streptococcus Mutans Dari Subfraksi Etil Asetat Daun Temu Putih (Curcuma Zedoaria (Christm.) Roscoe). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190135_AULIA HUSNUL AMALIA.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190135_AULIA HUSNUL AMALIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Daun temu putih memiliki potensi sebagai antibiofilm terhadap Streptococcus mutans. Daun temu putih memiliki kandungan senyawa flaonoid dan tanin yang dapat menghambat pembentukan biofilm dengan cara menghambat agregasi bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi antibiofilm Streptococcus mutans dari subfraksi etil asetat daun asetat, dan metanol, kemudian dielusi menggunakan kromatografi kolom dengan metode step gradient polarity (SGP) menggunakan pelarut n-heksan-etil asetat dan etil asetat-metanol. Hasil subfraksi, kemudian dianalisis menggunakan kromatografi lapis tipis dan dikelompokkan berdasarkan rentang Rf yang mendekati. Kelompok subfraksi yang diperoleh dilakukan uji potensi antibiofilm dengan metode mikrodilusi, kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi linear untuk memperoleh nilai IC50 dan potensi relatif. Hasil penelitian menunjukkan subfraksi etil asetat daun temu putih yang memiliki yang memiliki potensi antibiofilm Streptococcus mutans yaitu subfraksi etil asetat Rf 2 (0,71-0,68) dengan nilai IC50 88,85 μg/ml dan potensi relatif sebesar 15,54 kali klorheksidin glukonat.

Kata kunci: Daun Temu Putih, Subfraksi Etil Asetat, Antibiofilm, Streptococcus mutans.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 22 Aug 2022 11:58
Last Modified: 22 Aug 2022 11:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13933

Actions (login required)

View Item View Item