Imobilisasi Dan Pelepasan Kaptopril Dalam Matriks Hidrogel Pva (Polivinil Alkohol)-Pvp (Polivinil Pirrolidon) Dengan Teknik Radiasi Gamma

Rahmadhani, Risska Ditri dan Hariyanti, Hariyanti dan Erizal, Erizal (2022) Imobilisasi Dan Pelepasan Kaptopril Dalam Matriks Hidrogel Pva (Polivinil Alkohol)-Pvp (Polivinil Pirrolidon) Dengan Teknik Radiasi Gamma. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190115_DITRI RISSKA RAHMADHANI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190115_DITRI RISSKA RAHMADHANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat hidrogel PVA-PVP dengan variasi dosis radiasi untuk digunakan sebagai alternatif proses imobilisasi dan pelepasan terkendali pada Kaptopril serta mempelajari karakteristik hidrogel. Telah dilakukan imobilisasi dan pelepasan Kaptopril dalam matriks hidrogel PVA (polivinil alkohol)-PVP (polivinil pirrolidon). Larutan PVA-PVP (6:4) yang mengandung Kaptopril (10 mg - 20 mg), dibeku-lelehkan (3 siklus) dan diradiasi dengan variasi dosis (0 kGy – 20 kGy). Hidrogel dikarakterisasi dengan Spektrofotometer Fourier Transform-Infra Red (FT-IR), Scanning Electron Microscope (SEM). Fraksi gel dan daya serap air ditentukan secara gravimetri. Uji pelepasan Kaptopril dari hidrogel dilakukan dalam larutan NaCl 0,9% diukur dengan Spectrofotomer Ultraviolet Visible (Uv-Vis). Hasil evaluasi menunjukkan meningkatnya dosis iradiasi dari 0 kGy hingga 20 kGy, fraksi gel hidrogel meningkat dan kemampuan menyerap air hidrogel meningkat. Pelepasan kumulatif obat dari matrik hidrogel dengan meningkatnya dosis iradiasi hingga 20 kGy relatif menurun. Pengamatan menggunakan SEM, menunjukkan hidrogel PVA-PVP mempunyai struktur pori yang tidak teratur. Hidrogel PVA-PVP selayaknya dapat digunakan sebagai matriks pelepasan obat.

Kata Kunci : Imobilisasi, Hidrogel, Katopril, PVA, PVP.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:02
Last Modified: 15 Sep 2022 06:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13912

Actions (login required)

View Item View Item