Uji Aktivitas Antifungi Subfraksi Etil Asetat Daun Awar – Awar (Ficus Septica Burm.F.) Terhadap Jamur Microsporum Gypseum

Lestari, Kunthi dan Ema Dewanti, Ema dan Elly Wardani, Elly (2022) Uji Aktivitas Antifungi Subfraksi Etil Asetat Daun Awar – Awar (Ficus Septica Burm.F.) Terhadap Jamur Microsporum Gypseum. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190077_KUNTHI LESTARI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190077_KUNTHI LESTARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia yang beriklim tropis mempunyai daya dukung yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan mikroorganisme, baik yang menguntungkan dan merugikan. Salah satu mikroorganisme yang merugikan adalah jamur..Daun awar-awar mengandung flavonoid, tanin, saponin, terpenoid dan steroid yang berkhasiat sebagai bahan baku kosmetik dan antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi aktivitas antifungi dari subfraksi etil asetat daun awar-awar terhadap Micosporum gypseum. Ekstraksi menggunakan metode maserasi dengan pelarut etanol 70%, kemudian ekstrak difraksinasi dengan n-heksan dan etil asetat. Fraksi etil asetat yang didapat dieluasi etil asetat dan metanol (1 : 4), sehingga didapatkan subfraksi. Hasil subfraksi, kemudian digabungkan berdasarkan nilai Rf yang sama. Aktivitas antifungi diuji menggunakan metode gores silang agar dengan pembanding ketokonazol. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa SF 2 etil asetat Rf 0,24-0,78 daun awar-awar memiliki aktivitas antifungi terhadap jamur Microsporum gypseum dengan potensi relatif sebesar 2,0840 x 10-3 kali ketokonazol, sedangkan SF 3 etil asetat Rf 0,2 - 0,62 memiliki potensi relatif yang lebih besar dari pada SF 2 2,4783 x 10-3 kali ketokonazol.

Kata kunci: Daun awar-awar, Subfraksi, Antifungi, dan M. gypseum

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:00
Last Modified: 15 Sep 2022 06:00
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13865

Actions (login required)

View Item View Item