Uji Aktivitas Fraksi Etil Asetat Daun Srikaya (Annona Squamosa L.) Terhadap Penurunan Kadar Glukosa Darah Pada Tikus Putih Jantan Hiperglikemia

Febriani, Nadyah Suci dan Priyanto, Priyanto dan Elly Wardani, Elly (2022) Uji Aktivitas Fraksi Etil Asetat Daun Srikaya (Annona Squamosa L.) Terhadap Penurunan Kadar Glukosa Darah Pada Tikus Putih Jantan Hiperglikemia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190070_SUCI NADYAH FEBRIANI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190070_SUCI NADYAH FEBRIANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian sebelumnya daun srikaya memiliki aktivitas sebagai antihiperglikemia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas fraksi etil asetat daun srikaya dalam menurunkan kadar glukosa darah pada tikus putih jantan yang diinduksi dengan aloksan monohidrat sehingga mengalami hiperglikemia. Hewan uji dibagi menjadi 6 kelompok. Kontrol normal, kontrol negatif (diberikan NaCMC 0,5%), kontrol positif (diberikan metformin 51,37 mg/kg BB tikus), dosis 1, dosis 2, dan dosis 3 (diberikan fraksi etil asetat dengan dosis 9,75 mg/kg BB, 19,5 mg/kg BB dan 39 mg/kg BB). Pengukuran kadar glukosa darah dilakukan pada hari ke-7 dan hari ke-15. Data persentase penurunan kadar glukosa darah dianalisis dengan ANOVA satu arah. Hasil uji ANOVA satu arah menunjukkan adanya pengaruh perlakuan antar dua kelompok atau lebih. Hasil uji Tukey menunjukkan bahwa kontrol positif memiliki perbedaan bermakna (p < 0,05) terhadap kontrol negatif, dosis 1 dan dosis 2. Sedangkan dosis 3 memiliki aktivitas yang sebanding dengan kontrol positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fraksi etil asetat daun srikaya dosis 1, dosis 2 dan dosis 3 memiliki aktivitas antihiperglikemia karena memiliki perbedaan bermakna (p > 0,05) terhadap kontrol negatif. Aktivitas yang lebih besar dan sebanding dengan kontrol positif ditunjukkan pada dosis 3 (39 mg/kg BB) dengan persen penurunan sebesar 64,93%.

Kata kunci: fraksi etil asetat, hiperglikemia, daun srikaya, glukosa darah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 15 Sep 2022 05:59
Last Modified: 15 Sep 2022 05:59
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13858

Actions (login required)

View Item View Item