Uji Antifertilitas Ekstrak Daun Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi L.) Terhadap Penurunan Bobot Testis Dan Abnormalitas Spermatozoa Pada Tikus Putih Jantan Galur Sprague Dawley

Matondang, Ani Mas Iji dan Dwitiyanti, Dwitiyanti dan Ema Dewanti, Ema (2022) Uji Antifertilitas Ekstrak Daun Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi L.) Terhadap Penurunan Bobot Testis Dan Abnormalitas Spermatozoa Pada Tikus Putih Jantan Galur Sprague Dawley. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190063_MAS IJI MATONDANG.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190063_MAS IJI MATONDANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Daun belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.) merupakan salah satu tumbuhan Indonesia yang dapat digunakan sebagai obat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efek ekstrak n-heksan, etil asetat, dan etanol 70% daun belimbing wuluh sebagai antifertilitas serta untuk mengetahui aktivitas yang paling berpengaruh terhadap penurunan bobot testis dan peningkatan abnormalitas spermatozoa. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode maserasi bertingkat. Hewan uji yang digunakan adalah tikus putih galur Sprague Dawley usia 2-3 bulan dengan bobot 180-250 gram yang dibagi menjadi lima kelompok yaitu kelompok normal, kelompok Na CMC, kelompok ekstrak n-heksan, kelompok ekstrak etil asetat, dan kelompok etanol 70%. Dosis masing-masing ekstrak yang diberikan yaitu 228mg /200gBB dengan lama pemberian 14 hari. Perhitungan bobot testis dan abnormalitas spermatozoa dilakuan pada hari ke-15 setelah perlakuan dengan cara pengambilan sperma yang berasal dari kauda epididimis hewan uji yang telah dikorbankan. Data yang diperoleh diuji secara statistik dengan uji ANOVA satu arah yang dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketiga ekstrak daun belimbing dapat menurunkan bobot testis dan peningkatan abnormalitas spermatozoa. Ekstrak etil asetat memiliki aktivitas antifertilitas yang paling baik dengan kandungan senyawa steroid, saponin dan tannin.

Kata kunci : Averrhoa bilimbi L., antifertilitas, bobot testis, abnormalitas spermatozoa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 15 Sep 2022 05:59
Last Modified: 15 Sep 2022 05:59
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13852

Actions (login required)

View Item View Item