Evaluasi Penggunaan Obat Pada Pasien Skizofrenia Di Instalasi Rawat Inap Rskj Soeprapto Provinsi Bengkulu Periode Juli-Desember 2017

Safitri Dwi, Apriliana dan Daniek Viviandhari, Daniek dan Ani Pahriyani, Ani (2022) Evaluasi Penggunaan Obat Pada Pasien Skizofrenia Di Instalasi Rawat Inap Rskj Soeprapto Provinsi Bengkulu Periode Juli-Desember 2017. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190052_APRILIANA DWI SAFITRI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190052_APRILIANA DWI SAFITRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skizofrenia merupakan penyakit gangguan otak parah dengan kondisi klinis gangguan pikiran berupa kombinasi dari halusinasi, delusi, berpikir teratur dan perilaku. Prevalensi gangguan jiwa berat seperti skizofrenia di Indonesia adalah 1,7 per mil, di mana Provinsi Bengkulu memiliki insiden yang cukup tinggi yaitu 1,9 per mil. Terapi farmakologi utama skizofrenia yaitu menggunakan antipsikotik. Antipsikotik memiliki banyak efek samping yang perlu diperhatikan dalam pemilihan pengobatan. Salah satu efek samping yang paling sering terjadi adalah ekstrapiramidal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ketepatan penggunaan obat dan dosis pada pasien skizofrenia rawat inap RSKJ Soeprapto Bengkulu periode Juli-Desember 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pengambilan data secara retrospektif. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Sampel penelitian adalah pasien dengan diagnosa utama skizofrenia dan diperoleh sebanyak 91 pasien. Hasil penelitian berdasarkan pedoman Practice Guideline For The Treatment of Patients With Schizophrenia tahun 2004, Konsensus Penatalaksanaan Gangguan Skizofrenia tahun 2011, AHFS Drug Information Essentials tahun 2011, Drug Information Handbook tahun 2009, dan Maudsley Prescribing Guidelines in Psychiatry 1Oth Edition tahun 2009 menunjukkan bahwa dari 91 pasien hasil evaluasi pengobatan skizofrenia di RSKJ Soeprapto Bengkulu periode Juli-Desember 2017 diperoleh ketepatan obat sebesar 78,78% dan ketepatan dosis sebesar 100%.

Kata Kunci : Skizofrenia, Antipsikotik, Evaluasi, Tepat Obat, Tepat Dosis

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:11
Last Modified: 09 Oct 2022 07:11
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13838

Actions (login required)

View Item View Item