Uji Aktivitas Antibakteri Fraksi Non Polar, Semi Polar Dan Polar Dari Ekstrak Etanol 96% Daun Leunca (Solanum Americanum Mill.) Terhadap Staphylococcus Epidermidis

Pamungkas, Gladi dan Sri Harsodjo, Sri dan Elly Wardani, Elly (2022) Uji Aktivitas Antibakteri Fraksi Non Polar, Semi Polar Dan Polar Dari Ekstrak Etanol 96% Daun Leunca (Solanum Americanum Mill.) Terhadap Staphylococcus Epidermidis. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190041_GLADI PAMUNGKAS.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190041_GLADI PAMUNGKAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Akne vulgaris adalah penyakit kulit obstruktif dan inflamatif kronik pada unit pilosebasea yang sering terjadi pada masa remaja yang disebabkan oleh bakteri. Penggunaan antibakteri secara terus menerus dan pemakaian yang tidak sesuai aturan menjadi penyebab utama terjadinya resistensi bakteri. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun leunca memiliki aktivitas antibakteri terhadap Staphylococcus epidermidis dengan konsentrasi hambat minimum sebesar 125 μg/mL. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan aktivitas antibakteri senyawa berdasarkan tingkat kepolarannya dari fraksi non polar (n-Heksana), fraksi semi polar (etil asetat) dan fraksi polar (air) dari ekstrak etanol 96% daun leunca (Solanum americanum Mill.) terhadap bakteri Staphylococcus epidermidis. Pengujian antibakteri dilakukan dengan metode disk diffusion Kirby-Bauer pada konsentrasi 500 μg/mL, 750 μg/mL dan 1.000 μg/mL dari masing-masing fraksi, kontrol positif antibiotik klindamisin dan kontrol negatif DMSO 10%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fraksi air lebih baik dalam menghambat pertumbuhan Staphylococcus epidermidis dibandingkan fraksi etil asetat, sedangkan fraksi n-Heksana tidak dapat menghambat pertumbuhan Staphylococcus epidermidis . Pada fraksi air dengan konsentrasi 500 μg/mL, 750 μg/mL dan 1.000 μg/mL diperoleh diameter zona hambat berturut-turut sebesar 1,12 mm, 1,65 mm dan 2,37 mm.

Kata kunci: leunca (Solanum americanum Mill.), Staphyloccoccus epidermidis, Akne vulgaris

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:11
Last Modified: 09 Oct 2022 07:11
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13822

Actions (login required)

View Item View Item