Uji Aktivitas Antihiperurisemia Fraksi N-Heksana Rimpang Jahe Merah (Zingiber Officinale Roscoe) Terhadap Tikus Jantan Hiperurisemia

Setyaningrum, Dwi dan Elly Wardani, Elly dan Vivi Anggia, Vivi (2022) Uji Aktivitas Antihiperurisemia Fraksi N-Heksana Rimpang Jahe Merah (Zingiber Officinale Roscoe) Terhadap Tikus Jantan Hiperurisemia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190037_DWI SETYANINGRUM.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190037_DWI SETYANINGRUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ekstrak rimpang jahe merah diketahui mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai antihiperurisemia dengan senyawa yang di duga adalah flavonoid dan bekerja dengan cara menghambat xantin oxidase. Tetapi beberapa terpenoid juga mempunyai aktivitas inhibitor xantin oxidase. Berdasarkan hal ini, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai aktivitas fraksi n-heksana rimpang jahe merah terhadap tikus jantan hiperurisemia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian fraksi n-heksana rimpang jahe merah (Zingiber officinale Roscoe) memiliki aktivitas antihiperurisemia terhadap tikus jantan hiperurisemia. Ekstrak rimpang jahe merah didapatkan dengan cara maserasi menggunakan pelarut etanol 70%. Hewan uji dibagi menjadi 6 kelompok perlakuan, masing-masing terdiri dari 4 ekor yaitu kontrol normal, kontrol negatif, kontrol positif allopurinol 4,11 mg/200gBB dan kelompok uji dengan dosis 3,45; 6,90 dan 13,80 mg/200gBB. Penginduksi yang digunakan adalah jus hati ayam dan kalium oksonat. Data dianalisa menggunakan ANOVA satu arah dan dilanjutkan uji Tukey. Hasil uji Tukey menunjukkan kelompok uji dosis 13,80 mg/200gBB mempunyai aktivitas antihiperurisemia secara bermakna dengan nilai sig. 0,649 (p>0,05) yang sebanding terhadap allopurinol dengan persentase penurunan sebesar 54,1%.

Kata Kunci: Zingiber officinale Roscoe, fraksi n-heksana rimpang jahe merah, antihiperurisemia

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:11
Last Modified: 09 Oct 2022 07:11
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13817

Actions (login required)

View Item View Item