Uji Aktivitas Antihiperurisemia Fraksi Etil Asetat Kulit Kayu Manis (Cinnamomum Burmanni (Ness & T. Nees) Blume) Pada Tikus Putih Jantan

Nurinayatullah, Isna dan Ema Dewanti, Ema dan Tuti Wiyati, Tuti (2022) Uji Aktivitas Antihiperurisemia Fraksi Etil Asetat Kulit Kayu Manis (Cinnamomum Burmanni (Ness & T. Nees) Blume) Pada Tikus Putih Jantan. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170337 _SNA NURINNAYATULLAH.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170337 _SNA NURINNAYATULLAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hiperurisemia adalah suatu keadaan peningkatan konsentrasi asam urat dalam darah. Kulit kayu manis (Cinnamomum burmanni (Ness & T. Ness) Blume) merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar asam urat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek fraksi etil asetat kulit kayu manis sebagai antihiperurisemia. Kondisi hiperurisemia pada tikus putih jantan diperoleh dengan cara memberikan pakan tinggi purin dan inhibitor urikase yaitu kalium oksonat 50mg/200gBB. Untuk pembanding menggunakan allopurinol dengan dosis 4,108mg/200gBB. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa fraksi etil asetat kulit kayu manis memiliki aktivitas sebagai anti hiperurisemia dengan penurunan paling baik dimiliki oleh dosis III (317 mg/200gBB) yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah tikus dengan presentasi penurunan sebesar 63,05%, tidak jauh berbeda dengan kontrol positif (Allopurinol) yang dapat menurunkan kadar asam urat sebesar 76,63%.

Kata kunci : Cinnamomum burmanni (Ness & T. Ness) Blume, asam urat, allopurinol.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 07:04
Last Modified: 09 Oct 2022 07:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13575

Actions (login required)

View Item View Item