Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 70% Daun Binahong (Anredera Cordifolia (Ten.) Steenis) Terhadap Penurunan Kadar Kolesterol Total Dan Ldl Darah Pada Hamster Hiperglikemia Dan Hiperkolesterolemia

Nugraha, Kurniawan dan Sediarso, Sediarso dan Elly Wardani, Elly (2022) Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 70% Daun Binahong (Anredera Cordifolia (Ten.) Steenis) Terhadap Penurunan Kadar Kolesterol Total Dan Ldl Darah Pada Hamster Hiperglikemia Dan Hiperkolesterolemia. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170287_KURNIAWAN NUGRAHA.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170287_KURNIAWAN NUGRAHA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada keadaan diabetes mellitus menunjukan peningkatan konsentrasi lipid darah yang disebabkan karena peningkatan katabolisme lemak disertai penurunan aktivitas lipoprotein lipase akibat defisiensi insulin. Daun binahong mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai antihiperkolesterol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas ekstrak etanol 70% daun binahong terhadap penurunan kadar kolesterol total dan LDL darah hamster hiperglikemia dan hiperkolesterolemia. Hewan uji hamster syrian jantan dibagi menjadi 6 kelompok perlakuan, masing-masing terdiri dari 4 ekor hamster. Kelompok I (kontrol normal), kelompok II (kontrol positif) diberi atorvastatin 2,47 mg/kg bb, kelompok III (kontrol negatif) kelompok IV, V, dan VI (kelompok perlakuan) diberi ekstrak etanol 70% daun binahong dosis 120, 240 dan 480 mg/kg bb. Data penurunan kadar kolesterol total dan LDL darah hamster hiperglikemia dan hiperkolesterolemia dianalisis menggunakan ANOVA satu arah dan dilanjutkan dengan uji tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua kelompok dosis dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL darah, tetapi dosis 240 mg/kg bb memberikan efek sebanding dengan atorvastatin dengan persentase penurunan kadar kolesterol total sebesar 52,08% dan LDL darah sebesar 45,02%.

Kata kunci: Anredera cordifolia, daun binahong, kolesterol total, LDL darah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:59
Last Modified: 09 Oct 2022 06:59
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13494

Actions (login required)

View Item View Item