Uji Aktivitas Fraksi Etil Asetat Daun Awar-Awar (Ficus Septica Burm.F) Terhadap Penyembuhan Luka Bakar Pada Tikus Putih Jantan

Rismawati, Nurlaela dan Ema Dewanti, Ema dan Faridlatul Hasanah, Faridlatul (2022) Uji Aktivitas Fraksi Etil Asetat Daun Awar-Awar (Ficus Septica Burm.F) Terhadap Penyembuhan Luka Bakar Pada Tikus Putih Jantan. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170252_NURLAELA RISMAWATI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170252_NURLAELA RISMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman awar-awar (Ficus septica Burm. F) merupakan salah satu tanaman berkhasiat yang dapat digunakan sebagai penyembuh luka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi fraksi etil asetat daun awar-awar yang efektif dalam penyembuhan luka. Penelitian ini menggunakan 25 ekor tikus putih jantan dibagi 5 kelompok perlakuan yaitu fraksi etil asetat daun awar-awar konsentrasi 0,095%, 0,19%, 0,38%, kontrol positif memakai povidon iodium 10% dan kontrol negatif memakai Na CMC 0,5%. Parameter dilakukan dengan pengamatan lama waktu penyembuhan luka dengan penurunan diameter luka bakar. Data dianalisis dengan ANOVA satu arah dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fraksi etil asetat daun awar-awar memiliki daya penyembuhan luka bakar dengan signifikansi 0,00 (ρ < 0,05). Pada konsentrasi 0,38% fraksi etil asetat daun awar-awar merupakan konsentrasi terbaik dalam penyembuhan luka bakar dengan persentase penyembuhan mencapai 95,21%, walaupun efektifitasnya tidak sebanding dengan povidon iodium 10% dengan persentase penyembuhan luka mencapai 97,87%. Dapat diketahui bahwa dengan meningkatnya dosis maka akan diikuti dengan cepatnya lama kesembuhan luka bakar.

Kata kunci : fraksi etil asetat, daun awar-awar, penyembuhan luka, luka bakar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:55
Last Modified: 09 Oct 2022 06:55
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13346

Actions (login required)

View Item View Item