Isolasi Dan Identifikasi 16s Rrna Bakteri Endofit Dari Daun Salam (Eugenia Polyantha Barb.) Yang Memiliki Aktivitas Antibakteri

Munaziah, Lufika dan Fitri Yuniarti, Fitri dan Wahyu Hidayati, Wahyu (2022) Isolasi Dan Identifikasi 16s Rrna Bakteri Endofit Dari Daun Salam (Eugenia Polyantha Barb.) Yang Memiliki Aktivitas Antibakteri. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170238_LUTFIKA MUNAZIAH.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170238_LUTFIKA MUNAZIAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Daun salam (Eugenia polyantha Barb.) merupakan tumbuhan obat yang mengandung senyawa antibakteri. Ekstraksi senyawa bioaktif dari tanaman dinilai tidak efisien sebab memerlukan biomassa yang besar, cara yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan bakteri endofit yang dapat memproduksi beberapa senyawa seperti antibakteri, antifungi, dan antimalaria. Tujuan penelitian ini adalah mengisolasi dan identifikasi bakteri endofit daun salam yang berpotensi sebagai antibakteri. Aktivitas antibakteri ditentukan dengan mengukur zona hambat menggunakan metode difusi cakram dengan menggunakan bakteri uji Bacillus subtilis dan Salmonella typhi. Sebanyak 4 isolat bakteri endofit berhasil diisolasi dari daun salam, berdasarkan uji aktivitasnya isolat bakteri dengan kode WL-SM1 dapat menghambat pertumbuhan B.subtilis dan S.typhi. Isolat bakteri yang berpotensi akan diidentifikasi dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR). Hasil yang didapat menunjukan isolat WL-SM1 memiliki persen kemiripan 98% dengan Bacillus toyonensis.

Kata kunci: isolasi, identifikasi, bakteri endofit, daun salam (Eughenia polyantha Barb.), antibakteri

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:54
Last Modified: 09 Oct 2022 06:54
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13332

Actions (login required)

View Item View Item