Halaman Judul Peran Edukasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tentang Obat Generik Di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur

Narew, Risnawati dan Maifitrianti, maifitrianti dan Ridha Elvina, Ridha (2022) Halaman Judul Peran Edukasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tentang Obat Generik Di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170417_RISNAWATI NAREW.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170417_RISNAWATI NAREW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengetahuan tentang obat yang benar merupakan suatu hal yang penting. Obat generik memiliki khasiat dan mutu yang sama dengan obat merk dagang. Masyarakat perlu mengetahui tentang hal ini dengan memberikan edukasi berupa brosur. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran edukasi berupa brosur terhadap peningkatan pengetahuan masyarakat di Kecamatan Duren Sawit. Penelitian ini menggunakan desain study one group pre-test dan posttest. Peneliti menghitung besar jumlah responden dengan menggunakan rumus presisi dan secara Cluster random sampling. Peneliti menggunakan uji wilcoxon untuk melihat pengaruh edukasi terhadap peningkatan pengetahuan. Kuesioner sebagai instrumen penelitian untuk mengukur tingkat pengetahuan masyarakat tentang obat generik dan brosur sebagai alat edukasi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang obat generik. Sampel penelitian diperoleh sebanyak 107 responden. Pada penelitian ini edukasi berupa brosur dapat meningkatkan pengetahuan responden tentang obat generik di masyarakat Kecamatan Duren Sawit, sebanyak 78 responden memiliki pengetahuan baik (72,9%) dan 29 responden memiliki pengetahuan cukup (27,1%). Hasil analisa statistik menunjukkan bahwa penggunaan brosur sebagai alat edukasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pengetahuan responden tentang obat generik (p<0,050). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa edukasi obat generik menggunakan alat berupa brosur dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat di Kecamatan Duren Sawit.

Kata Kunci : Edukasi, Obat Generik, Brosur

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:49
Last Modified: 09 Oct 2022 06:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13282

Actions (login required)

View Item View Item