Tsabita Dina, Hisna dan Faridlatul Hasanah, Faridlatul dan Zainul Islam, ZI (2022) Evaluasi Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Kefarmasian Pada 5 Apotek Di Kota Bekasi. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.
Text
FFS_FARMASI_S03-170413_HISNA DINA TSABITA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kepuasan konsumen merupakan salah satu indikator keberhasilan pelayanan, termasuk pelayanan kefarmasian di apotek. Kepuasan konsumen terhadap pelayanan kefarmasian di apotek dapat diukur dengan membandingkan harapan konsumen terhadap kualitas pelayanan kefarmasian yang diinginkan dengan kenyataan dari kinerja layanan yang diterima. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat kepuasan dan harapan konsumen serta prioritas perbaikan atribut pada dimensi pelayanan kefarmasian apotek di Kota Bekasi. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis Gap berdasarkan konsep Service quality (Servqual), Customer Satisfaction Index (CSI), dan Important Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan konsumen belum sesuai dengan harapan konsumen dengan nilai Gap dari semua atribut pelayanan memiliki nilai negatif yaitu nilai terendah -0,14 dan nilai tertinggi -1,17, nilai CSI yang diperoleh dalam kategori cukup puas yaitu 55,47% dan pelayanan yang menjadi proritas perbaikan adalah keberadaan apoteker di apotek, kelengkapan obat, kesigapan petugas, dan ketanggapan petugas menyangkut pertanyaan konsumen mengenai obat yang didapat.
Kata Kunci : apotek, kepuasan konsumen, pelayanan kefarmasian, servqual
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi |
Depositing User: | Fakultas Farmasi dan Sains |
Date Deposited: | 09 Oct 2022 06:49 |
Last Modified: | 09 Oct 2022 06:49 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13278 |
Actions (login required)
View Item |