Model Edukasi Dengan Pemberian Booklet Dan Ceramah Untuk Meningkatkan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Dm Tipe 2 Di Puskesmas Kecamatan Makasar Dan Puskesmas Kelurahan Kebon Pala Jakarta Timur

Nurhayati, Nurhayati dan Daniek Viviandhari, Daniek dan Nora Wulandari, Nora (2022) Model Edukasi Dengan Pemberian Booklet Dan Ceramah Untuk Meningkatkan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Dm Tipe 2 Di Puskesmas Kecamatan Makasar Dan Puskesmas Kelurahan Kebon Pala Jakarta Timur. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170405_NURHAYATI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170405_NURHAYATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ketidakpatuhan terapi Diabetes Melitus (DM) dapat menimbulkan komplikasi kronis mikrovaskular dan makrovaskular. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas edukasi berupa pemberian booklet dan ceramah terhadap kepatuhan pasien DM tipe 2 di Puskesmas Kecamatan Makasar dan Puskesmas Kelurahan Kebon Pala Jakarta Timur. Rancangan penelitian ini adalah quasi experimental design dengan two group pretest-posttest design secara prospektif. Penilaian kepatuhan berdasarkan skor Morisky Medication Adherence Scale (MMAS-8) dan kadar hemoglobin terglikasi (HbA1c). Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Kecamatan Makasar dan Puskesmas Kelurahan Kebon Pala.. Total sampel terdiri dari 44 pasien yang memenuhi kriteria inklusi dan mengikuti pretest, hanya 30 pasien DM tipe 2 yang mengikuti hingga akhir penelitian (posttest). Penilaian skor MMAS-8 dan kadar HbA1c diukur sebelum dan 12 minggu setelah pemberian intervensi. Analisis menggunakan uji paired t test untuk perubahan kadar HbA1c serta uji Wilcoxon untuk perubahan skor MMAS-8. Hasil uji statistik menunjukkan perbedaan bermakna kadar HbA1c (p=0,00<0,5) dan skor MMAS-8 (p=0,00<0,05) sebelum dan setelah 12 minggu intervensi. Pada uji spearman rho menunjukkan hubungan yang bermakna terhadap perubahan nilai HbA1c dengan MMAS-8 (p=0.03<0,5) sebelum dan 12 minggu setelah edukasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa media edukasi booklet dan ceramah dengan materi yang mudah dimengerti dapat meningkatkan kepatuhan pasien DM tipe 2 terhadap terapi.

Kata kunci : Diabetes melitus tipe 2, HbA1c, MMAS-8, kepatuhan,

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:49
Last Modified: 09 Oct 2022 06:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13269

Actions (login required)

View Item View Item