Uji Aktivitas Hipnotik Fraksi Etanol 70%, Etil Asetat Dan N-Heksan Rimpang Teki Ladang (Cyperus Rotundus L.) Pada Mencit Dari Galur Balb/C

Safni, Ulfa dan Ema Dewanti, Ema dan Lusi Putri Dwita, Lusi (2022) Uji Aktivitas Hipnotik Fraksi Etanol 70%, Etil Asetat Dan N-Heksan Rimpang Teki Ladang (Cyperus Rotundus L.) Pada Mencit Dari Galur Balb/C. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170399_ULFA SAFNI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170399_ULFA SAFNI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ekstrak rimpang teki ladang (Cyperus rotundus L.) dapat digunakan sebagai hipnotik. Rimpang teki ladang diketahui mengandung metabolit sekunder seperti alkaloid, flavonoid, tanin, saponin dan terpenoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek hipnotik fraksi etanol 70%, etil asetat, dan n-heksan dari ekstrak etanol 70% rimpang teki ladang pada mencit jantan dengan parameter onset dan durasi waktu tidur mencit. Semua hewan uji diinduksi dengan fenobarbial kecuali kelompok normal. Hewan uji dibagi 5 kelompok (n=5) yaitu kelompok fraksi etanol 70%, etil asetat dan n-heksan dengan dosis 356,6 mg/kg BB, kontrol negatif dan kontrol normal. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa dari data onset tidur hanya fraksi etanol yang memiliki aktivitas hipnotik dan dari data durasi tidur secara statistik menunjukkan terdapat perbedaan bermakna pada tiap kelompok perlakuan. Berdasarkan hasil ketiga fraksi, fraksi etanol menunjukkan aktivitas hipnotik terbaik, karena dengan dosis yang sama fraksi etanol dapat mempersingkat onset tidur dan memperpanjang durasi tidur yang hampir sebanding dengan fenobarbital.

Kata kunci: Rimpang teki ladang (Cyperus rtundus L.), fraksi, insomnia, hipnotik

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:48
Last Modified: 09 Oct 2022 06:48
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13263

Actions (login required)

View Item View Item