Uji Aktivitas Fraksi Etil Asetat Daun Srikaya (Annona Squamosa L.) Terhadap Penurunan Kadar Kolesterol Total Dan Ldl Darah Pada Hamster Hiperlipidemia

Yulianti Avirda, Siti dan Priyanto, Priyanto dan Elly Wardani, Elly (2022) Uji Aktivitas Fraksi Etil Asetat Daun Srikaya (Annona Squamosa L.) Terhadap Penurunan Kadar Kolesterol Total Dan Ldl Darah Pada Hamster Hiperlipidemia. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170388_SITI ARVIDA YULIANTI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170388_SITI ARVIDA YULIANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Daun srikaya (Annona squamosa L.) diduga memiliki aktivitas sebagai antihiperlipidemia. Penelitian sebelumnya membuktikan bahwa uji aktvitas ekstrak air daun srikaya (Annona squamosa L.) dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL darah pada kelinci. Pada penelitian ini dilakukan uji aktivitas fraksi etil asetat daun srikaya terhadap penurunan kadar kolesterol total dan LDL darah hamster hiperlipidemia. Hewan uji hamster syrian jantan terbagi atas kelompok I (kontrol normal), kelompok II (kontrol positif) diberi atorvastatin 2,47 mg/kgBB, kelompok III (kontrol negatif), kelompok IV, V, dan VI (kelompok perlakuan) diberi fraksi etil asetat daun srikaya dengan dosis 20,5; 41; 82 mg/kgBB. Data penurunan kadar kolesterol total dan LDL darah hamster hiperlipidemia dianalisis menggunakan ANOVA satu arah dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil analisis uji Tukey pada dosis 20,5 mg/kgBB menunjukan aktivitas yang tidak sebanding dengan atorvastatin. Sedangkan dosis 41 mg/kgBB dan 82 mg/kgBB memiliki aktivitas yang sebanding dengan atorvastatin. Namun dosis 82 mg/kgBB memberikan persentase penurunan kadar kolesterol total dan LDL darah yang lebih besar dibandingkan dosis 41 mg/kgBB yaitu sebesar 69,88% dan 71,44%.

Kata kunci: Annona squamosa , fraksi etil asetat, kolesterol total, LDL darah.
UJI

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:48
Last Modified: 09 Oct 2022 06:48
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13254

Actions (login required)

View Item View Item