Pengaruh Konsentrasi Hpmc Sebagai Gelling Agent Dalam Sediaan Gel Ekstrak Daun Teh Hijau (Camellia Sinensis (L.) Kuntze) Terhadap Stabilitas Fisik Dan Aktivitas Antihiperpigmentasi

Ahmad Zakiyah, Apriyani dan Naniek Setiadji, Radjah dan Hanifah, Rahmi (2022) Pengaruh Konsentrasi Hpmc Sebagai Gelling Agent Dalam Sediaan Gel Ekstrak Daun Teh Hijau (Camellia Sinensis (L.) Kuntze) Terhadap Stabilitas Fisik Dan Aktivitas Antihiperpigmentasi. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170383_APRIYANI ZAKIYAH AHMAD.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170383_APRIYANI ZAKIYAH AHMAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ekstrak daun teh hijau memiliki kandungan polifenol katekin yang berperan penting dalam penghambatan enzim tirosinase dengan menghambat pembentukan melanin. Sediaan gel dapat meningkatkan efektivitas dan kenyamanan dalam penggunaannya secara topikal. Stabilitas fisik gel yang baik tergantung dari penggunaan gelling agent. HPMC merupakan salah satu gelling agent yang sering digunakan dalam formulasi sediaan gel. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi HPMC terhadap stabilitas fisik dan aktivitas antihiperpigmentasi sediaan gel ekstrak daun teh hijau. Gel diformulasikan menjadi tiga formula dengan variasi konsentrasi HPMC 2%, 2,5%, dan 3%, selanjutnya dilakukan evaluasi stabilitas fisik meliputi organoleptis, pH, homogenitas, viskositas, sentrifugsi, dan freeze thaw. Hasil evaluasi stabilitas fisik yang baik menunjukkan bahwa formula dengan konsentrasi 3% HPMC tidak mengalami pemisahan fase. Formula dengan konsentrasi HPMC 3% dilakukan pengujian terhadap aktivitas penghambatan tirosinase yang menghasilkan nilai IC50 sebesar 51,26 ppm.

Kata kunci : Ekstrak daun teh hijau, HPMC (Hidroxy Propyl Methyl Cellulosa), stabilitas fisik, antihiperpigmentasi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:48
Last Modified: 09 Oct 2022 06:48
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13250

Actions (login required)

View Item View Item