PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN "CLASS ROUTINE" SEBAGAI KEGIATAN KELAS DALAM PENGENALAN BERBAHASA INGGRIS UNTUK GURU TAMAN KANAK KANAK AISYIYAH 92 JAKARTA PUSAT

Fitriani, Somariah PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN "CLASS ROUTINE" SEBAGAI KEGIATAN KELAS DALAM PENGENALAN BERBAHASA INGGRIS UNTUK GURU TAMAN KANAK KANAK AISYIYAH 92 JAKARTA PUSAT. UHAMKA. (Unpublished)

[thumbnail of laporan pengabdian masyarakat]
Preview
Text (laporan pengabdian masyarakat)
Dr. Somariah Fitriani M.Pd Batch 1 2021.2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh guru guru TK Aisyiyah 92 sebagai mitra pengabdian adalah kurangnya penguasaan bahasa Inggris yang menjadi ketrampilan penting yang harus dikuasai di abad 21 ini. Oleh karenanya, kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat ini berfokus dengan memberikan pelatihan kegiatan class routine khususnya pada pembelajaran bahasa Inggris yang efektif, efisien dan menyenangkan bagi anak anak taman kanak kanak. Adapun tujuan pelatihan ini untuk melatih para guru dalam memahami berbagai macam kegiatan yang ada dalam class routine atau kegiatan kelas yang merupakan kegiatan mendasar dalam memulai pembelajaran dan mengenalkan bahasa Inggris sejak dari dini. Tujuan secara khusus adalah 1) Meningkatkan pemahaman tentang konsep child centered learning; 2) mengimplementasikan kegiatan class routine yang menyenangkan dalam bahasa Inggris; 3) meningkatkan kemampuan bahasa Inggris guru gurunya. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dalam waktu 10 jam dengan mengunakan media daring untuk pengenalan konsepnya melalui aplikasi zoom meeting dan secara tatap muka untuk praktek. Pelaksanaan daring dilakukan pada hari selasa pada tanggal 7 Desember 2021 dan pelaksanaan tatap muka dilaksanakan di hari rabu tanggal 8 Desember 2021. Metode yang digunakan adalah pelatihan secara intensif di mana setiap sesi akan diberikan penjelasan tentang langkah langkah awal dan praktek langsung. Setiap sesi mereka akan dimonitoring dan fasilitasi dan juga diberikan contoh contoh metode pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan melalui penggunaan berbagai macam media seperti audio, video pengajaran, youtube dan media lainnya. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, brainstorming, demonstrasi/praktek langsung dan metode pendampingan yang melatih peserta untuk memahami secara keseluruhan setiap langkah demi langkah dalam mempraktekkan metode dan teknik pembelajaran secara lebih variatif.

Kata kunci: child centered learning, Classroom routine, Taman Kanak-Kanak

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Somariah Fitriani
Date Deposited: 25 Feb 2022 12:23
Last Modified: 25 Feb 2022 12:23
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13247

Actions (login required)

View Item View Item