Perbandingan Aktivitas Stimulasi Tirosinase Ekstrak Etanol Daun Rambutan (Nephelium Lappaceum L.) Dan Daun Pandan Wangi (Pandanus Amaryllifolius Roxb. ) Pada Proses Melanogenesis Secara In Vitro

Winarni, Tri dan Priyo Wahyudi, Priyo dan Ema Dewanti, Ema (2022) Perbandingan Aktivitas Stimulasi Tirosinase Ekstrak Etanol Daun Rambutan (Nephelium Lappaceum L.) Dan Daun Pandan Wangi (Pandanus Amaryllifolius Roxb. ) Pada Proses Melanogenesis Secara In Vitro. Bachelor thesis, Univerisitas Muhammadiyah Dr Hamka.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-170361_TRI WINARNI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-170361_TRI WINARNI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rambut beruban adalah berubahnya warna rambut hitam menjadi abu-abu kemudian putih yang disebabkan oleh berkurangnya pigmen melanin. Tirosinase merupakan enzim yang berperan dalam pembentukan melanin. Daun rambutan dan daun pandan wangi merupakan tanaman tradisional yang digunakan untuk menghitamkan rambut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan aktivitas stimulasi tirosinase ekstrak etanol daun rambutan (Nephelium lappaceum L.) dan daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) pada proses melanogenesis secara in vitro. Daun rambutan dan daun pandan wangi diekstraksi secara maserasi dengan etanol 70%. Penelitian ini dilakukan dengan pengukur absorbansi larutan ekstrak (10-100.000 μg/ml) yang direaksikan dengan enzim tirosinase dan substrat L-DOPA dengan menggunakan microplate reader pada panjang gelombang 450 nm. Hasil penelitian dengan analisa ANNOVA Dua Arah menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun rambutan (Nephelium lappaceum L.) memiliki kemampuan aktivitas stimulasi tirosinase dengan potensi relatif sebesar 0,608 kali 8-MOP yang lebih baik dibandingkan dengan ekstrak etanol daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) sebesar 0,266 kali 8-MOP.

Kata Kunci : enzim tirosinase, melanogenesis, daun rambutan, daun pandan wangi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Fakultas Farmasi dan Sains
Date Deposited: 09 Oct 2022 06:47
Last Modified: 09 Oct 2022 06:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13227

Actions (login required)

View Item View Item