Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar

Gandasari, Prisma dan Pramudiani, Puri (2021) Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (6). pp. 3689-3696. ISSN 2656-8071

[thumbnail of 08_A_2021_Article_Wordwall_Edukatif_Prisma_Puri.pdf]
Preview
Text
08_A_2021_Article_Wordwall_Edukatif_Prisma_Puri.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh aplikasi wordwall terhadap motivasi belajar IPA siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk desain Post-test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Bojong Rawalumbu VI dengan total 83 siswa. Total Sampel untuk penelitian ini yaitu 54 siswa. Kelas kontrol untuk kelas VA yang berjumlah 27 siswa dan kelas eksperimen untuk kelas VC yang berjumlah 27 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang terdiri dari 23 pernyataan yang sudah dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan uji Fisher, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t untuk kedua kelas memperoleh nilai thitung> ttabel= 7, 79> 2, 0084, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Puri Pramudiani
Date Deposited: 09 Feb 2022 04:34
Last Modified: 09 Feb 2022 04:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12708

Actions (login required)

View Item View Item