Laporan Penelitian "Studi Refleksi Penggunaan Learning Management System (Moodle) Dalam Situasi Pengajaran Dan Pembelajaran Grammar Bahasa Inggris (Sudut Pandang Pembelajar dan Penilaian Pakar)"

Komara, Cahya (2020) Laporan Penelitian "Studi Refleksi Penggunaan Learning Management System (Moodle) Dalam Situasi Pengajaran Dan Pembelajaran Grammar Bahasa Inggris (Sudut Pandang Pembelajar dan Penilaian Pakar)". UHAMKA, FKIP UHAMKA.

[thumbnail of Laporan Penelitian Batch 1 2020-2021]
Preview
Other (Laporan Penelitian Batch 1 2020-2021)
Laporan Penelitian 100% Studi Refleksi LMS Moodle Batch 1 2020-2021 (Cahya K, Fidaniar T, & Tri S).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://simakip.uhamka.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berbentuk studi refleksi terhadap Learning Management System (Moodle) yang telah digunakan dalam konteks pengajaran dan pembelajaran grammar bahasa Inggris mahasiswa semester sebelumnya (riset sebelumnya). Tujuannya adalah untuk dapat mengungkap lebih dalam dan menyeluruh sisi evaluasi teknis seperti 1) fitur dan tampilan, 2) kualitas sistem, 3) kebergunaan bagi mahasiswa (likeness, motivation, activeness), 4) kepuasan, dan 5) potensi penguatan kompetensi bahasa inggris (grammar) serta sisi evaluasi konten seperti 1) kekuatan materi dan 2) variasi tugas/tes yang dibuat atau dikembangkan di Learning Management System (Moodle) bahasa Inggris dari sudut pandang pembelajar. Selain itu, penelitian ini juga berupaya mengungkap sejauh mana kualitas Learning Management System (Moodle) yang dibuat atau dikembangkan melalui penilaian independen atau dari sudut pandang pakar yang kompeten dibidangnya. Maka, secara metodologis, penelitian ini menggabungkan unsur atau pendekatan kuantitatif melalui pemberian instrumen kuesioner tertutup kepada 70 pembelajar tentang Learning Management System (Moodle) yang mereka gunakan. Kemudian, Learning Management System (Moodle) yang telah dibuat untuk pengajaran dan pembelajaran grammar bahasa Inggris ini akan dinilai secara objektif sisi teknis dan konten oleh 1 pakar atau ahli melalui bentuk penilaian LMS berdasarkan rubrik yang telah disiapkan. Data penelitian ini turut dipotret melalui teknik dokumentasi penggunaan LMS yang dapat mendukung analisa dan kevalidan hasil penelitian. Diharapkan, penelitian ini dapat mengungkap secara rinci dan detail terkait Learning Management System (Moodle) yang dibuat sehingga kedepan dapat dilakukan pengayaan, pengembangan, atau bahkan pembuatan inovasi LMS sisi teknis maupun konten materi LMS yang bermanfaat bagi keilmuan grammar bahasa Inggris pengajar dan pembelajar di Indonesia.

Item Type: Other
Subjects: L Education
P Language and Literature > PE English
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Cahya Komara
Date Deposited: 11 Jan 2022 15:52
Last Modified: 11 Jan 2022 15:52
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12445

Actions (login required)

View Item View Item